Absolutely Hobby - Modifikasi Daihatsu Xenia

28 December 2011 Viewed 21,462 times

Jakarta, BosMobil.com - Sempat bingung memilih hobi mana yang ingin difokuskan karena ada beberapa pilihan, akhirnya Antonius Patrick memilih dunia car audio sebagai salah satu hobi baru diantara hobi-hobi lain yang ingin diselaminya.

Daihatsu Xenia Modifikasi SQ

Meskipun baru sekitar 6 bulan menjalani hobi barunya ini, keseriusan Patrick (panggilan akrab Antonius Patrick) dalam dunia car audio, pria yang mengelola situs M88.Com memang tak main-main. Terbukti dari pemilihan perangkat yang bercokol di dalam Daihatsu Xenia miliknya terhitung cukup mumpuni dalam memproduksi suara dengan baik. Sementara pilihan aliran, Patrick sempat ingin mencoba multimedia. “Setelah mendapat masukan dari teman akhirnya Sound Quality (SQ) menjadi tempat berlabuh,” papar Patrick.

Daihatsu Xenia Modifikasi SQ

Untuk mengejar hasil settingan maksimal, Patrick sampai rela berburu head unit Alpine DVA-9965E  yang memang sudah langka di pasaran. "Butuh waktu hingga 4 bulan untuk mendapatkan head unit idaman ini. Setelah didapat, harga pun terbilang di atas rata-rata harga pasar,” papar Patrick.

Daihatsu Xenia Modifikasi SQ

Daihatsu Xenia Modifikasi SQ

Menindak lanjuti sumber suara hasil perburuan, sistem 3-way dianut pada speaker depan dengan menggunakan seperangkat speaker berlabel Audible Physics, yang mana tipe HD27 bertugas sebagai tweeter, AP3 yang mengemban tugas sebagai midrange dan GF65 bercokol di doortrim bagian bawah sebagai midbass. Sementara untuk membuat level sinyal speaker depan lebih bertenaga, Patrick mempercayakan kepada power amplifier u-Dimension Glow 4075.

Daihatsu Xenia Modifikasi SQ

Daihatsu Xenia Modifikasi SQ

Placement apik dengan tingkat kerapihan yang tinggi tersaji di kabin belakang dengan memanfaatkan ruang luas antara kabin dengan bagasi. Disinilah Patrick meletakan perangkat subwoofer RS Audio Competition berukuran 10 inci yang kemudian di-drive oleh power amplifier Consonance monoblock CE - 1200D agar alunan nada lebih optimal dalam mengeluarkan karakter suara.

Daihatsu Xenia Modifikasi SQ

Daihatsu Xenia Modifikasi SQ

Selesai menyusun sejumlah perangkat audio, tinggal mengoptimalkan suara melalui proses tunning. Untuk masalah yang satu ini Patrick menggunakan processor Alpine PXA-H800 ditambah passive crossover yang membuat cutting serta delay suara tepat jatuh pada tempat yang diinginkan.

Daihatsu Xenia Modifikasi SQ

Di mata Patrick, dunia car audio memang tak hanya sekedar hobi untuk meng-upgrade sistem pemanja telinga. Atas dasar penasaran dan ingin tahu kemampuan mobilnya, Patrick-pun mejajal kerasnya medan kontes audio. Alhasil, Xenia yang diracik oleh Thomas sang instalatur dari Level Audio Workshop, sempat memcicipi juara ke-2 dalam kontes EMMA yang diadakan pekan lalu di Jakarta.

Daihatsu Xenia Modifikasi SQ

Data modifikasi : Head Unit Alpine DVA-9965E, Processor Alpine PXA-H800, Tweeter Audible Physics HD27, Midrange Audible Physics AP3, Midbass Audible Physics GF65, Subwoofer RS Audio Competition 10 Inch, Power u-Dimension Glow 4075, Power Consonance CE - 1200D.


Teks/edit/foto : riyan/DO/riyan

Tags Under: Audio

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top