Bahan Box Subwoofer - Particle Board Atau Papan MDF

20 April 2012 Viewed 27,237 times

Jakarta, BosMobil.com - Banyak sekali bagian menarik yang dapat dibahas untuk masalah sistem audio pada kendaraan. Salah satunya adalah penggunaan bahan dalam membuat box subwoofer untuk mengoptimalkan suara bass yang solid, diantaranya adalah papan MDF dan Particle Board.

Bahan Box Subwoofer

Pada umumnya, dalam pembuatan box untuk subwoofer menggunakan bahan kayu yang populer disebut dengan papan MDF, yaitu kepanjangan dari Medium Density Fiberboard. Papan MDF adalah leburan dari kayu yang direkatkan menggunakan lilin dan resin, memiliki tekstur padat dan kuat, serta mempunyai kepadatan 600-800 kg/m3. Kelebihan lainnya adalah dapat dilengkungkan, karena serbuk kayunya bersifat lembut. Hal ini memudahkan proses instalasi serta penggunaan lebih awet karena kuat terhadap cuaca yang lembab. “Penggunaan papan MDF dapat menghasilkan suara bass yang optimal, namun didukung dengan volume box yang sesuai ukuran subwoofer,” tukas Embri, installer dari Primer Car Audio.

Bahan Box Subwoofer

Bahan lain yang sering digunakan untuk kebutuhan box subwoofer yaitu Particle Board. Bahan ini merupakan serbuk kayu kasar yang direkatkan dengan menggunakan lem, kemudian di-press sehingga berbentuk lembaran. Particle Board biasanya menggunakan lapisan tempel, seperti HPL, Decosit, Takonsit, dan sebagainya. Bahan yang memiliki kepadatan berkisar 160-450 kg/m3 ini tidak bisa menggunakan finishing semprot (melamin dan duco). “Particle Board memiliki beragam kekurangan dalam membuat box subwoofer. Suara yang dihasilkan tidak sepadat memakai papan MDF, serta mudah lapuk jika keadaan lembab,” ucap Embri kepada BosMobil.com .

Bahan Box Subwoofer

Dari informasi diatas, Anda bisa mendapatkan gambaran bila membuat box subwoofer. Penggunaan papan MDF akan menghasilkan suara bass lebih optimal, sedangkan Particle Board memiliki harga yang lebih ekonomis. “Harga papan MDF berkisar Rp. 90-120 ribu per lembar, jika ketebalan diatas 15 mm, maka harganya berkisar Rp. 180 ribu per lembar. Sedangkan harga Particle Board jauh lebih murah, yaitu sekitar Rp. 65 ribu per lembar,” tutup Embri.

 

Teks/edit/foto : gunz/DO/www

Tags Under: Rubrik Modifikasi

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top

mSF 2014 - Bali - Medan