Datsun 510 Bluebird 1970 : Mobil Klasik Nan Tua Bukan Berarti Renta

11 December 2012 Viewed 10,855 times

Jawa Barat, BosMobil.com - Sepertinya Anda salah besar jika mengira mobil klasik itu tidak bisa menempuh perjalanan jarak jauh ke luar kota. Karena, sudah banyak mobil-mobil berusia lawas di Indonesia yang berhasil membuktikannya. Salah satu bukti nyatanya bisa dilihat pada Datsun 510 Bluebird berikut ini.

Datsun 510 Bluebird 1970

Pada Sabtu lalu (8/12/2012), Datsun 510 Bluebird keluaran 1970 ini sengaja dikemudikan oleh pemiliknya yang bernama Pranardjanto Kristihariadi langsung dari kota tempat tinggalnya di Yogyakarta.

Ketika itu, pria yang akrab disapa Janto ini harus menempuh jarak ratusan kilometer bersama Datsun 510 Bluebird hanya untuk menghadiri acara Retromantic3 yang digelar di Rest Area KM72 Tol Cipularang. Yang mengagumkan, tak ada kendala sedikitpun dialami Janto selama perjalanan pulang-pergi dengan mobil klasik ini. Wow...amazing!

Datsun 510 Bluebird 1970

Sementara jika kita intip dari seluk-beluk kehidupannya, Datsun 510 Bluebird berkelir biru telur asin ini pertama kali dipinang oleh Janto sekitar tahun 2006 dari seseorang yang tinggal di sebuah desa terpencil bernama Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Saat itu kondisi sang Datsun 510 Bluebird ini terbilang cukup sehat. Belum lagi ditambah tingkat originalitasnya yang belum banyak tercemar oleh komponen dan aksesoris aftermarket.

Datsun 510 Bluebird 1970

Datsun 510 Bluebird 1970

Pada eksteriornya terdeteksi keropos pada kedua sisi bawah pintu. Setelah ditambal dengan plat besi baru dan kemudian di cat ulang, maka tubuh Datsun 510 Bluebird ini pun kembali ke sediakala. Selanjutnya pada sektor kaki-kaki, hampir semua bagiannya telah rusak termakan usia. Solusinya, oleh Janto yang kelahiran Bandung 40 tahun silam ini mengganti semuanya dengan komponen orisinilnya dan berstatus barang baru. Contohnya seperti per, shockbreaker, tie-rod, long tie-rod, piranti rem, dan masih banyak lagi.

Datsun 510 Bluebird 1970

Sementara mesinnya, nah....ini yang paling parah. Sumber tenaga Datsun 510 Bluebird ini terpaksa harus di overhaul lantaran kondisinya sudah tak layak pakai. Apalagi jika untuk dikemudikan jarak jauh. "Setiap dikemudikan, businya selalu jadi basah. Akhirnya mesin saya bongkar dan semua komponen di dalam mesinnya saya ganti dengan yang baru dan orisinil," sebut Janto kepada tim Bosmobil.com.

Untungnya, Datsun 510 Bluebird memiliki kabin yang cukup sempurna. Semua bagiannya masih terawat dan orisinil. Cukup dengan dibersihkan saja, maka kondisinya pun kinclong lagi. Namun untuk menambah kenyamanan saat perjalanan jarak jauh dan menangkis cuaca panas, maka Janto menambahkan AC (Air Conditioner) pada sisi interiornya.

Datsun 510 Bluebird 1970

Datsun 510 Bluebird 1970

Jadi...sekarang sudah benar-benar terbukti kan kalau mobil tua seperti Datsun 510 Bluebird ini masih sanggup buat touring ke luar kota?! Anda berminat untuk mengkoleksi mobil klasik? Hehehehe.........

Datsun 510 Bluebird 1970

 

Teks/edit/foto : endy/daniel/angga

Tags Under: Classic Corner

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top

mSF 2014 - Bali - Medan