Fast Taxi - Modifikasi Toyota Limo

20 January 2012 Viewed 20,047 times

Jakarta, BosMobil.com - Masyarakat luas memandang Toyota Limo sebagai kendaraan yang ditujukan untuk menjadi sebuah armada taksi. Tetapi hal ini tidak selamanya berlaku. Rizky Basworo telah membuktikan bersama Toyota Limo kepunyaannya untuk bersaing di arena drag race.

Toyota Limo Modifikasi

“Inspirasi membangun Toyota Limo ini karena kesuksesan Toyota Vios saya pada tahun 2006 lalu,” buka Rizky yang mengaku sudah menjual Toyota Vios-nya. Oleh karena itu, Rizky membeli kembali sebuah Toyota Limo lansiran 2004 pada tahun 2009 lalu untuk membuat taksi yang kencang. “Saya suka aliran begini sejak masih duduk di bangku sekolah hehe,” tambahnya.

Sebelum memasuki pembahasan inti, mari kita simak perubahan di sektor eksterior terlebih dahulu. Meskipun memiliki kode bodi yang sama dengan Vios, tetapi terdapat perbedaan meski bukan bentuknya. Agar terlihat mirip Vios, Rizky mengganti headlamp dan foglamp kepunyaan Vios. Sedangkan bagian samping, Rizky menambahkan lis body di semua pintu kepunyaan Vios.

Toyota Limo Modifikasi

Toyota Limo Modifikasi

Sementara untuk bagian bokong, Rizky tidak mengganti rearlamp kepunyaan Vios, melainkan variasi yang memakai teknologi LED. Agar terlihat semakin seksi, Rizky menambahkan ducktail pada bagasinya. Nah, makin cakep kan?

Toyota Limo Modifikasi

Toyota Limo Modifikasi

Untuk kaki-kaki, roda bawaan dirasa tidak mampu untuk bersaing di arena drag race. Solusinya, Rizky mengganti velg replika SSR Type C berdiameter 15 inci serta dilapisi karet bundar berprofil 195/50-R15 agar dapat mengurangi gejala spin pada saat start. Sedangkan suspensi standar dari Limo hanya dilakukan custom.

Toyota Limo Modifikasi

Masuk ke mesin, rupanya Rizky masih mengandalkan mesin bawaan 1NZ-FE. Langkah awal yang dilakukan adalah Porting & Polish pada kepala silinder. Menu wajib untuk meningkatkan tenaga ini diikuti oleh pemapasan kepala silinder sebesar 0,6 mm supaya kompresi meningkat. Lalu throttle body juga kena imbasnya yang diganti dengan kepunyaan Corolla Altis. “Standar berukuran 45 mm, kalau Altis 55 mm. Tapi di reamer lagi, jadi lebih gede. Otomatis udara yang masuk juga banyak,” ucap Rizky. Berikutnya, mengganti header berkonfigurasi 4-1 dengan diameter pipa 1,5 inci. Tak lupa, Rizky memasang piggyback Dastek Unichip Type C beserta modul limiter untuk mengatur putaran dan tenaga mesin dengan asupan tiap bahan bakar. Dan yang terakhir adalah pergantian gearbox dengan memakai kepunyaan Starlet GT Turbo yang di-custom lengkap dengan Limited Slip Differential (LSD) 1-way. “Bisa dibilang jadinya semi closed ratio dengan final gear custom,” ucapnya.

Toyota Limo Modifikasi

Toyota Limo Modifikasi

Dengan ubahan yang sederhana serta masih terlihat ‘taksi’, mobil ini pernah menjuarai event drag race pada Desember 2010 lalu di kelas 1500 FWD Challenge. Selain itu, Limo ini juga menoreh prestasi waktu tercepat 15,938 detik dengan jarak 0-402 m.

Toyota Limo Modifikasi

“Tidak nyangka bisa begini. Pengennya sih dinaikin lagi spek nya biar bisa main di kelas 15 detik. Belum ada kan taksi N/A mesin bawaan tapi 15 detik? hehehe,” ucap Rizky. Pake argo gak, bos? “Oiya meskipun sudah dimodifikasi, mobil ini tetap irit konsumsinya yaitu 1:12 untuk dalam kota dan 1:16 untuk luar kota. Kemudian bensin masih bisa premium tanpa ngelitik,” tutupnya.

Toyota Limo Modifikasi

Air Funnel Bikin Udara Masuk Lebih Banyak

Di bemper depan, terdapat lubang yang nembus ke dalam. Ya betul, alat yang berlabel Billion Air Funnel ini mengalirkan udara langsung dari luar ke dalam ruang mesin untuk dihubungkan ke filter udara. “Agar mendapatkan debit udara yang lebih besar serta dingin yang masuk ke Throttle Body,” jelas Rizky.

Toyota Limo Modifikasi

Data Modifikasi :
Ekterior : Head Lamp Toyota Vios, Fog Lamp Toyota Vios, Rear Lamp Esdepo LED, Lis Body Samping Toyota Vios, Ducktail Universal.
Kaki-kaki : Velg SSR Type C 15”, Ban GT Radial Champiro SX1 195/50-R15, Suspensi Custom.
Mesin : Porting & Polished Cylinder, Slip Cylinder 0,6 mm, Throttle Body Corolla Altis, Billion Air Funnel, Open Air Filter, Header 4-1 Custom, Muffler Daytona, Busi Volker Iridium, Piggyback Dastek Unichip Type C.



Teks/foto : DO/DO-istimewa

Tags Under: PerformanceCar

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top