» Back to Blog

Master Of SQL - Modifikasi Daihatsu Sirion

25 May 2012 Viewed 15,501 times

Jakarta, BosMobil.com - Menyandang gelar Champion ESQL Master pada kontes audio EMMA Indonesia QR 1 merupakan hasil yang memukau bagi Tony, eksekutor dari mobil Daihatsu Sirion berkelir putih ini. Seperti apa kiat-kiat yang dilakukan dalam membangun sistem audio berspesifikasi sound quality loud (SQL) ini? Bosmobil.com akan mengupasnya lebih dalam.

Daihatsu Sirion Modifikasi SQL

Head Unit Integrasi Multimedia

Dalam membaca beragam format audio maupun visual, Pioneer AVH-1450DVD menjadi pilihannya karena kelengkapan fitur yang dimiliki.

Daihatsu Sirion Modifikasi SQL

”Owner mobil suka menikmati musik melalui USB. Pioneer AVH-1450DVD mudah dalam pengoperasian serta hasil suara yang cukup bagus dengan beragam perangkat, baik kepingan CD maupun USB. Sementara ketajaman gambar juga baik, tidak membuat mata lelah ketika sedang menikmati film,” cetus Tony.

Off-Axis Demi Suara Seimbang

Daihatsu Sirion Modifikasi SQL

Sementara untuk mengejar suara yang koheren di tiap lini frekuensi, Tony memperhitungkan tiap sektornya. Lihat saja Venom Diablo VX6D untuk speaker depan dibuatkan sudut off- axis dalam penempatan tweeter.

Daihatsu Sirion Modifikasi SQL

“Mengetahui karakter speaker yang unik, makanya arah ini saya aplikasikan untuk mereduksi tweeter agar bisa menyemburkan frekuensi tinggi yang seimbang,” ucap pria berambut gondrong ini. “Sedangkan pada midbass dilakukan peletakkan sudut sedikit ekstrim menjorok keluar, tujuannya yaitu menciptakan panggung yang optimal,” cetus Tony.

Speaker Belakang 2 Set Kejar Poin SQL

Karena mengusung konsep SQL untuk kontes, Tony melakukan beberapa ubahan dalam menciptakan suara yang seimbang, yaitu menyematkan 2 set speaker belakang dengan posisi yang berbeda, yaitu Venom Intelligent Series VX6SII pada bagasi dan Venom Diablo VX6D pada kabin tengah.

Daihatsu Sirion Modifikasi SQL

“Untuk mendapatkan poin optimal dalam kontes SQL, perlakuan treatment arah on-axis saya lakukan untuk speaker di bagasi,” imbuh Tony. “Sedangkan 1 set speaker tetap bersarang di panel pintu tengah original mobil,” tukasnya.

Subwoofer 2 Unit Dengan Box Sealed

Frekuensi rendah juga memiliki pengaruh signifikan untuk mendentumkan bass yang solid. Makanya Tony menyematkan 2 unit subwoofer Venom VX2112W yang dibungkus oleh box berjenis sealed yang bervolume 1,2 cu/ft setiap box nya.

Daihatsu Sirion Modifikasi SQL

Pembagian Tenaga Yang Seimbang

Asupan daya harus seimbang. Oleh karena itu, Tony membaginya dengan menghadirkan 2 power amplifier dan processor eksternal.

Daihatsu Sirion Modifikasi SQL

“Speaker depan mendapatkan tenaga dari processor, sedangkan speaker lainnya di-drive oleh power amplifier Venom VO406. Sementara subwoofer ditunjang dengan power amplifier Venom PS1500.1,” tukas Tony.

Setting Suara Dari Passive Crossover Dan Processor

Untuk menciptakan suara yang rata setiap lini frekuensi, Tony melakukan tuning dengan menggunakan passive crossover dan processor eksternal melalui pemotongan frekuensi yang proporsional.

“Tweeter pada speaker depan dipotong pada 6,3 kHz slop 6 dB menggunakan passive crossover, sedangkan pada midbass dipotong pada 630 Hz slop 6 dB melalui processor eksternal,” tutur Tony.

“Sementara tweeter pada speaker belakang dipotong pada 5 kHz slop 6 dB untuk HPF dan 1750 Hz slop 6 dB untuk LPF melalui processor eksternal. Sedangkan midbass dipotong pada 630 Hz slop 6 dB,” tambahnya. “Kemudian untuk subwoofer dipotong pada 55 Hz slop 0 dB melalui processor,” tutup Tony.

Kencang Namun Proporsional

Daihatsu Sirion Modifikasi SQL

CD EMMA 2009/2010 merupakan wadah untuk menikmati sistem audio yang dimiliki pada Daihatsu Sirion ini dengan pemilihan lagu pada track 4 dan 7. Sejenak menikmati alunan musik dengan jarak 5 meter di belakang mobil, maka BosMobil.com dapat menyimpulkan bahwa panggung terasa lebar dan sejajar dengan pandangan mata. Suara terasa seimbang setiap lini frekuensi dengan beragam alat musik maupun karakter vocal penyanyi tertata rapih.

Data Modifikasi :
Head Unit Pioneer AVH-1450DVD, Processor ARC DSP 8, Speaker Depan & Tengah Venom Diablo VX6D, Speaker Belakang VX6SII, Subwoofer Venom VX2112W (2pcs), Power Venom Diablo VO406, Power Monoblock Venom PS1500.1, Cap-Bank Venom Diablo.

Powered By : Baz Auto Focus, Jl. Raden Inten No. 85C, Kalimalang, Jakarta Timur. Ph : 0813-83044078.

 

Teks/edit/foto : gunz/DO/gunz

Tags Under: Audio

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top