Mengenal Spesifikasi Velg Mobil

2 April 2013 Viewed 9,133 times

Jakarta, BosMobil.com - Bagaikan sepatu, Velg Mobil sudah menjadi gaya hidup yang tak bisa terpisahkan dalam dunia berkendaraan. Banyak pemilik mobil yang mengidamkan sebuah velg aftermarket untuk rencana modifikasinya. Bahkan ada sebagian kecil orang yang sudah merancang untuk membeli mobil tertentu yang nantinya disandingkan dengan velg idamannya, jadi beli mobil menyesuaikan velg.

Velg Mobil

Mungkin sebagian pemilik mobil belum banyak yang mengetahui secara terperinci mengenai maksud dari kode Velg Mobil. Diameter adalah yang paling umum diketahui dengan kelebaran Velg Mobil yang biasa menyertainya, misalnya diameter 15 inci dengan lebar 7 inci (15X7”), atau kerap juga dijumpai velg dengan lebar belang, misalnya 18x(8,5+9) inci.

Velg Mobil

PCD (Pitch Circle Diameter)

Tiap velg memiliki ukuran PCD yang berbeda. Ukuran PCD berkaitan dengan jarak lubang baut roda satu dengan yang lainya, yang pengukuran diambil titik terlurus dari masing-masing lubang baut roda, ada yang 4 sampai 6 lubang baut tergantung pada model mobil. Misalnya 4 baut yang diukur antara titik berseberangan dan satuan millimeter. Contoh tertulis 4x100, berarti velg dengan 4 lubang baut dan PCD 100.

Velg Mobil

Ukuran velg dengan PCD 100 merupakan mobil yang paling banyak beredar di Tanah Air. Untuk PCD 4x100 dipakai oleh Karimun, Splash, Picanto, Jazz, Freed, Biro, Vios, Etios, Fiesta, Mirage, March, Spin dan masih banyak lagi yang lainnya.

Velg Mobil

Sementara PCD 4x114.3 dipakai Carry, Xenia, Accord VTi, Cielo, Futura, Avanza, Kijang, Panther, Cefiro, Livina, Pride, Atoz, Visto, Evalia, Pride. Untuk PCD 5x100 digunakan oleh New Altis, VW Golf, Impreza, dan FT86. Penggunaan PCD 5x114.3 dipakai  Granmax, Luxio, Taruna, Terios, New Accord, New Civic, CR-V, HR-V, Odyssey, Stream, APV, SX4, Alphard, Camry, Sportage, Mazda3,5,6, dan Grandis.

Offset

Offset merupakan jarak dari titik tengah velg ke bagian dudukan baut as roda. Ditandai dengan bilangan angka positif jika permukaan yang menyentuh dudukan as roda melampaui garis tengah pelek dan negatif ketika lebih dalam daripada garis tengah velg. Semisal ET25, ET45, dan seterusnya, semakin kecil angka maka penampang tengah velg makin celong ke dalam dan bibir velg lebar.

Velg Mobil

Banyak penggemar modifikasi kaki-kaki yang sengaja mencari velg dengan offset angka kecil melebihi ketentuan maksimal offset mobil, sampai jarak antara bibir velg dan fender, bahkan sampai velg keluar dari fender. Efek sampingnya, selain bisa bikin gesrot, shockbreaker dan dek dalam rawan tergerus roda.

 

Teks/foto : riyan

Tags Under: Rubrik Modifikasi

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top