Mengenal Teknologi Sistem Rem Modern

15 May 2013 Viewed 4,418 times

BosMobil.com - Perangkat rem pada mobil-mobil modern sudah dilengkapi sistem teknologi yang begitu canggih. Pembekalan ini tentunya ditujukan untuk kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Sebut saja yang kini mulai akrab di telinga kita yaitu sistem ABS, EBD, dan BA/EBA.

Anti-lock Braking System (ABS)

Untuk menandai mobil dengan sistem pengereman ABS mudah saja, karena umumnya terdapat tulisan ABS pada panel indikator. Kelebihan mobil ber-ABS tidak mengunci pada saat Anda menginjak penuh pedal rem dan mobil masih bisa diarahkan. Sistem ini juga dapat memberi kontrol pengendalian pada kondisi jalan basah.

Sistem ABS juga memberikan kemanan saat pengemudi melakukan pengereman mendadak (panic brake) karena rem ini memompa secara konstan. Perlu diperhatikan, ABS tidak mempersingkat jarak pengeraman, namun menyediakan kontrol saat mengerem terutama di jalan licin.

Electronic Brake Distribution (EBD)

Umumnya EBD disertakan dalam sistem rem ABS sebagai pelengkap optimalisasi penegereman, karena EBD secara elektronik akan mendistribusikan tekanan rem kemasing-masing roda, sehingga menghindari tekanan berlebih pada setiap roda. Dengan begitu pengereman akan lebih efektif.

Brake Assist (BA)/Emergency Brake Assist (EBA)

Sistem ini akan menambah tekanan pengereman secara otomatis saat kondisi pengereman darurat atau genting. Sistem rem ini akan mendeteksi kondisi yang memerlukan pengereman mendadak dengan mengukur kecepatan injakan pedal rem.

 

Dengan mengetahui jenis dan sistem rem yang digunakan, Anda bisa membedakan teknik mengerem. Intinya ketiga sistem tersebut (ABS, EBD, BA/EBA) menjaga agar kendaraan tetap dibawah kendali pengendara dan bisa berhenti dengan aman. Biar lebih aman, tetap jaga jarak yach bos...

 

Teks/foto : riyan/www

Tags Under: Rubrik Otomotif

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top