Mobil Ceper

12 August 2011 Viewed 24,332 times

Trend modifikasi ceper tak pernah kekurangan peminat setianya, dengan alasan mendobrak penampilan mobil pada saat dijalan ataupun mengikuti kontes modifikasi. Terbukti masih banyak terlihat di setiap gelaran modifikasi ternama. Bahkan dapat dijumpai mobil dengan tingkat ground clearance yang super rendah alias ceper abizz.

Mobil Ceper

Tidak memandang jenis konsep modifikasi yang dianut, mulai dari elegant, extreme, sampai racing style, semua bisa diaplikasikan gaya ceper. Pada Prinsip-nya aliran ceper adalah memperkecil angka ground clearance (jarak antara mobil dengan aspal). Biasanya kalangan penyuka mobil ceper mempunyai slogan ‘semakin rendah, semakin keren/gaul’.

Mobil Ceper

Ada beberapa macam cara agar mobil bisa terlihat lebih ceper dan semakin ceper. Metode Potong Per adalah salah satu alternatif yg paling murah, dan cukup banyak diminati karena masih dapat mempertahankan kenyamanan karena gaya pegas (rebound) masih dapat dipertahankan walaupun ketinggiannya sudah berubah. Potong per juga bisa memenuhi konsep ceper yang sesuai kemauan hingga yang ekstrim sekalipun, seperti untuk keperluan kontes.

Mobil Ceper

Yang kedua adalah adopsi Air Suspension yang menggunakan tabung dengan tekanan udara, cara ini mempunyai kelebihan karena ketinggian bisa diatur sesuai keinginan, sehingga sangat fleksibel untuk segala jenis kondisi jalan. Cara ini merupakan yang paling banyak dipakai untuk keperluan kontes.

Mobil Ceper

Alternatif berikutnya adalah Press Per. Prosesnya ini dimulai dengan cara dipanaskan, kemudian per tersebut diatur panjangnya menggunakan alat khusus. Efek negatif dari proses ini adalah per akan menjadi keras gaya pegasnya (rebound). Cara seperti ini tidak nyaman jika dipakai untuk modifkasi harian.

Mobil Ceper

Pilihan terakhir adalah Lowering Kit yang merupakan unit suspensi yang dibuat oleh pabrik dan sudah disesuaikan dengan karakter mobil yang akan dibuat ceper. Tapi, tidak semua jenis mobil dapat mudah memperoleh suspensi lowering kit yang cocok. Hanya mobil-mobil tertentu yang dapat menggunakan cara ini.

Mobil Ceper


Teks/edit/foto : ryan/niel/bosmobil

Tags Under: Rubrik Modifikasi

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top