Modif Holden Premier HQ : Mobil Tua Juga Bisa Unjuk Gigi

30 September 2013 Viewed 5,978 times

BosMobil.com - Waktu berlibur ke daerah Berastagi Sumatera Utara, Nico Jan Andrio Sianipar kepincut Holden Premier HQ lansiran tahun 1974. Tak panjang lebar, Nico langsung bernego untuk membawanya pulang. Sejak saat itu, ide liar untuk membuat mobilnya tampak beda dan bisa unjuk gigi dilakoni pria yang hobi olah raga dan musik ini.

Holden Premier HQ

“Mobil ini sangat antik dan mempunyai pandangan berbeda. Setelah saya lihat-lihat di Internet, saya terpikir untuk memodifikasinya dengan gaya GTS. GTS adalah tipe racing pada merk Holden,” ucap Nico. Dengan demikian, Holden Premier HQ  menjadi  Holden GTS Premier HQ.

Holden Premier HQ

“Pada sektor audio saya pilih Sound Quality Loud (SQL) karena saya ingin tampil beda dan mobil tua  juga bisa unjuk gigi. Jadi bukan hanya mobil baru saja yang bisa, apalagi audio di bagasi saya  sangat mendukung untuk mengikuti kontes SQL,” tambahnya.

Rebuild Sampai Custom

Untuk mendapatkan sosok yang seperti sekarang, Nico melakukan rebulid pada chassis, body, kaki-kaki, kaca, dan yang lainnya. Serta penambahan sejumlah sentuhan custom agar semakin berkarakter.

Holden Premier HQ

“Pada bagian eksterior saya menggunakan emblem GTS pada bagian grill, samping dan belakang. Untuk bagian grill semua dibalut dengan stainless. Saya juga banyak melakukan custom, terutama pada wide body, dan lubang sirip pada bagian samping serta muffler,” terang pria berbadan atletis.

Holden Premier HQ

Pada bagian interior Nico menggunakan setir dan speedometer GTS, shift knob B&M, pedal hot rod, mini bar custom, dan baseball custom. “Bagian jok saya gunakan dari Premier HJ agar bisa nampak lebih sangar,” ucapnya. Sementara mesin tetap dipertahankan orisinilnya. Hanya saja mesin 3.3L 6 silinder segaris ini dilapisi krom. Biar aura muscle car semakin keluar, Nico menggunakan velg celong Center Line dengan ukuran 15x(7+10) inci.

Holden Premier HQ

Holden Premier HQ

SQL Buat Unjuk Gigi

Selain bisa unjuk gigi ketika kumpul bareng teman-teman di komunitasnya, sistem audio garapan Ameng dari workshop Meng’s Audio ini adalah jawara kontes SQL pada gelaran kontes Djarum Black Autoblackthrough Medan lalu untuk kelas SQL Max Twin Boombox.

Holden Premier HQ

Dalam menggarap mobil Holden GTS Premier HQ, Ameng melakukan sejumlah treatment agar hasilnya optimal. Pada sentuhan awal dilakukan peredaman keliling sisi samping mobil dan bagasi agar kedap dan mengurangi noise dari mobil yang nantinya bakal menggangu ke suara audio.

Holden Premier HQ

“Untuk kelistrikan saya tambah 1 accu kering 110A dan kabel saya pakaikan 0 AWG biar alternator cepat ngisi. Sementara kabel plus-minus head unit saya ambil dari depan, dan untuk fuse-nya saya ganti pake Furutech biar suara lebih bagus,” ungkap Ameng. Pada speaker depan, Ameng menggunakan speaker 3-way dengan alasan agar lebih enak ketika digunakan sehari-hari serta semua  frekuensi baik high, mid dan low bisa lebih terdengar.

Holden Premier HQ

Beralih ke bagian bagasi, perpaduan kosmetik dengan motif kayu tetap membuat mobil ini tak kehilangan jati diri-nya sebagai mobil klasik. “Untuk boks subwoofer saya pakai jenis PNR Aeroport dengan tuning sesuai perhitungan cabin gain kontes dengan Mix di belakang 50 cm dari bagasi. Sementara untuk speaker bagasi saya pakai 2 set speaker 2-way Gramond R1 biar suara lebih kenceng dengan ubahan pada pasif,” cerita pria humoris ini.

Holden Premier HQ

Holden Premier HQ

Untuk mengoptimalkan keluaran suara, Ameng menggunakan pre-amp dan 2 processor yang dibagi untuk tuning speaker depan dan bagasi. “Pakai pre-amp biar enak aja mau buka tutup suara subwoofer dan naikin voltase signal suara biar lebih besar. Sementara processor biar gampang tuning,” terang sang Installer.

Holden Premier HQ

Holden Premier HQ

“Hasil suaranya terdengar seimbang antara frekuensi high, mid, dan low, kemudian bisa menghasilkan 136,9 dB,” tutup Ameng.

Holden Premier HQ

Data Modifikasi
Velg Center Line 15x(7+10) inci, Ban Accelera 205/60R15 (depan), Ban Toyo Proxes 295/50R15 (belakang), Stir GTS, Shiftknob B&M, Jok GTS Premier, Mini Bar Custom, Head Unit Kenwood 8019, Processor Alpine PXA-RUX700 (2pcs), Pre-amp Critical Mass, Speaker Gramond 3-way (depan), Speaker Gramond 2-way, Subwoofer Prokick PK3, Power Gramond MLT21SE, Power Gramond MLT4100S2, Power Mono Prokick PK6000, Peredam CheckMat, Cap Bank Critical Mass.

Powered by : Meng’s Audio, Medan

 

Teks/edit/foto : riyan/daniel/riyan

Tags Under: Audio

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top

venom audio 2012
venom audio 2012