» Back to Blog

Modifikasi Ford Ranger SQL : Everyday Show Off

2 November 2012 Viewed 7,099 times

Jakarta, BosMobil.com - Suka pamer atau show off ketika melakukan mobilitas, itulah hasrat yang diidamkan oleh Mr. X selaku owner Ford Ranger ini. Supaya terkabul, Mr. X langsung minta tolong ke New MJM Car Audio untuk modifikasi sektor audionya.

Ford Ranger Modifikasi

Ahin, selaku installer memilih konsep Sound Quality Loud (SQL) pada Ford Ranger milik Mr. X dengan memadati beragam perangkat speaker di kabin mobil. “Buat show off, suaranya harus kencang dan seimbang, sehingga penggunaan perangkat harus sesuai dan tepat dalam pemasangannya di setiap sudut kabin,” bukanya.

Head Unit Kombinasi Dengan Processor Eksternal

Sebagai sentralitas suara, Ahin mengkombinasikan head unit Alpine CDA-9887 dengan processor Alpine PXA-H701. “Pengaturan time delay hingga equalizer bisa disesuaikan dengan processor, agar suara yang tersembur bisa tertata dengan apik, baik panggung dan akurasi suaranya,” cetus Ahin.

Ford Ranger Modifikasi

Speaker 6 Set

Menghadirkan suara yang proporsional dan heboh, tentu memerlukan perangkat speaker yang jumlahnya banyak. Dalam pengaplikasiannya, Ahin memasang speaker sebanyak 6 set yang tersebar di beberapa interior kabin.

Ford Ranger Modifikasi

”Penempatannya yaitu di panel pintu, pilar A dan atas plafon, yang menggunakan speaker 3-way Pioneer TS-A1674R sebanyak 2 set. Sedangkan untuk speaker belakang menggunakan 4 set coaxial Pioneer TS-A2013i yang dudukannya dibuat custom di antara plafon dan pilar B,” papar Ahin.

Ford Ranger Modifikasi

Sedangkan untuk suara bass, Ahin membenamkan 2 unit subwoofer Pioneer TS-W309D4 dengan pembuatan boks yang tepat. ”Jenisnya yaitu ported dengan kubikasi yang pas, agar gebukan bass dapat kencang dan presisi,” ungkapnya.

Ford Ranger Modifikasi

Power Cukup 4 Unit

Dengan banyaknya speaker yang dipasang, Ahin mengakalinya dengan menyematkan 4 unit power. “Speaker depan dan speaker belakang menggunakan 2 unit MA Audio M489i, sedangkan untuk subwoofer menggunakan 2 unit power Venom VD6000S dengan impedansi sebesar 1 ohm,” ucap pria berkacamata ini.

Ford Ranger Modifikasi

Ford Ranger Modifikasi

Stabil Dengan 3 Unit Cap-Bank

Terkadang, asupan daya dari power ke tiap speaker kurang stabil, apalagi jika volume ditingkatkan. Untuk mensiasatinya, Ahin menambahkan perangkat capasitor bank lansiran Critical Mass 20 Farad sebanyak 3 unit. “Tujuannya untuk stabilitas tenaga, agar performa tiap speaker tetap konstan,” tambah Ahin.

Ford Ranger Modifikasi

Tambah Aki 5 Unit

Tentunya dengan menggunakan aki bawaan dayanya tidak akan bertahan lama untuk mendukung sistem audio yang dibangun, sehingga Ahin menambahkan 5 unit aki lansiran Optima dan Roket. “Mau digeber kencang tenaganya tetap optimal,” tutupnya.

Ford Ranger Modifikasi

Wahh siap diajak nongkrong untuk pamer nih...

Data Modifikasi :
Head Unit Alpine CDA-9887, Processor Alpine PXA-H700+RUX-C701, Speaker Pioneer TS-A1674R (2set), Speaker Pioneer TS-A2013i (4set), Subwoofer Pioneer TS-W309D4 (2pcs), Power MA Audio M489i (speaker), Power Venom VD6000S (subwoofer), Kabel Speaker+RCA Monster, Cap-Bank Critical Mass 20F (3pcs), Aki Optima+Rocket (5pcs).

Rumah Modifikasi : New MJM Car Audio, Jakarta.

 

Teks/edit/foto : gunawan/daniel/gunawan

Tags Under: Audio

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top

mSF 2014 - Bali - Medan