» Back to Blog

Modifikasi Honda Civic Ferio : Disuruh Ganti Mesin Sama Bokap

5 September 2012 Viewed 22,521 times

Jakarta, BosMobil.com - Ngebut di jalan tol dan ikut drag race legal maupun ilegal memang sudah menjadi hobby Hafizh Prasetyo. Lantas, pria yang baru masuk kuliah ini melakukan modifikasi pada Honda Civic Ferio miliknya di sektor mesin untuk meningkatkan performa.

Honda Civic Ferio Modifikasi

“Sebenarnya cuma untuk main-main saja dan gua memang demen ngebut. Sempat ikut juga balap liar dan ikut drag race pake mesin bawaan Honda Civic Ferio, best time-nya 17,0 detik,” buka Hafizh. Lantaran mesin bermasalah, Hafizh pun berniat menjual mobilnya. “Dulu mesin bermasalah, keluar asap putih gitu dari knalpot. Pengennya ganti mobil, tapi malah disuruh ganti mesin sama bokap,” lanjutnya.

Honda Civic Ferio Modifikasi

Sang ayah pun langsung ‘gercep’ alias bergerak cepat dengan membawa ke bengkel modifikasi langganannya sambil memikirkan mesin penggantinya. Dengan bantuan abangnya Hafizh, akhirnya mesin B-Series yang sudah memiliki kem ganda menjadi mesin pengganti Honda Civic Ferio ini.

Honda Civic Ferio Modifikasi

“Bokap gua juga ngerti mesin, makanya pake mesin ini,” jelasnya. Mesin yang dipakai merupakan kawinan head cylinder B16B dari Honda Civic Type R dan shortblock B20. Jadinya, B20 yang lengkap dengan teknologi VTEC.

Honda Civic Ferio Modifikasi

Memasangnya pun diakui tidak menemukan kesulitan, karena semua dudukan mesin sama dengan Honda Civic Ferio. Tetapi tidak hanya ganti mesin, sejumlah modifikasi juga dilakukan, salah satunya mengganti exhaust system. “Header dibikin ulang melalui rumus dari bengkel, jadinya konfigurasi 4-1 dengan diameter pipa 2,5 inci sampai ke belakang,” ucap pria mungil ini.

Honda Civic Ferio Modifikasi

Modifikasi berikutnya adalah membuat pengapian lebih besar agar pembakaran di dalam mesin semakin sempurna melalui pemasangan MSD Blaster SS Coil. Selain itu, pasokan bahan bakar dibikin lebih banyak dengan penggunaan fuel press regulator dari SARD. Open air filter juga membuat mesin lebih lega untuk bernafas.

Honda Civic Ferio Modifikasi

Meskipun belum dilakukan Porting And Polish pada kepala silinder, Hafizh pun mengaku cukup puas dengan performa yang dihasilkan dari modifikasi pada mesin Honda Civic Ferio miliknya. “Oper gigi sekarang bisa di 9.500 RPM, tarikan makin enteng,” tutur Hafizh.

Honda Civic Ferio Modifikasi

Tetapi Hafizh sudah berencana ingin modifikasi lebih lanjut pada sektor mesin. “Mau di PNP lagi, abis itu pasang piggyback biar lebih optimal,” jelasnya.

Tampilan Manis Ala Hellaflush

Di bagian eksterior Honda Civic Ferio lansiran 1998 ini, Hafizh hanya melakukan modifikasi sederhana. Kali ini yang lebih ditonjolkan adalah penggantian velg untuk mengarahkan tampilan ke hellaflush. Hafizh memilih velg Rota Grid Racing berdiameter 17 inci dengan lebar belang, yaitu 9 inci di depan dan 9,5 inci di belakang yang dilapisi ban Accelera berprofil 205/40-R17.

Honda Civic Ferio Modifikasi

Honda Civic Ferio Modifikasi

Untuk mengejar konsep hellaflush, Hafizh mengganti suspensi yang berjenis coilover dari DGR. Walaupun dari coilover bisa mengatur sudut chamber, tetapi menurut Hafizh masih kurang. Resepnya adalah memasang chamber kit untuk mendapatkan sudut yang ideal. Hasilnya, bibir ban hampir bercumbu dengan spakbor.

Honda Civic Ferio Modifikasi

Meskipun menurut Hafizh nyaman dipakai harian, tetapi faktor keselamatan juga harus diperhatikan. “Dulu susah nge-rem, jadi bokap suruh gua ganti rem,” jelas Hafizh. Seperangkat rem telah disematkan yaitu cakram yang lebih besar dengan kaliper 6 piston dari HiSpec untuk bagian depan.

Honda Civic Ferio Modifikasi

Berikutnya, bodi Honda Civic Ferio dipermanis dengan penambahan lips pada bemper depan dan belakang yang dibeli dari temannya serta spion kiri dan kanan berlabel Spoon Sports.

Honda Civic Ferio Modifikasi

Kabin Aroma Civic Type R

Jika dilihat dari luar, interior Honda Civic Ferio ini memang dibiarkan standar. Bukan lantaran merendah, tetapi memang hal inilah yang diinginkan oleh Hafizh agar tetap nyaman di hati. Tetapi jika mengintip ke dalam, beberapa bagian sudah mengalami pergantian.

Honda Civic Ferio Modifikasi

“Spidometer gue dulu error, ga nyala gitu. Nah di bengkel kebetulan ada yang jual spidometer Civic Type R, yaudah lah gue beli aja. Dulu juga ditawarin karpet dari Civic Type R, jadi sekalian saja. Mumpung barang ini jarang banget yang punya,” jelas Hafizh yang mengaku senang mendapatkan kedua barang ini.

Honda Civic Ferio Modifikasi

Honda Civic Ferio Modifikasi

Sedangkan bangku sudah dilapisi kulit berwarna hitam yang dihiasi dengan tuas perseneling Top Fuel. “Kalau jok memang pas beli seken tahun 2009-an sudah begini. Karena masih bagus ya dipertahanin saja dulu,” tutupnya.

Engine : Engine Swap To B16+B20, Custom 4-1 with 2,5 Inch Exhaust System, Custom Intake + Open Air Filter, MSD Blaster SS Coil, Samco Radiator Hose, Koyorad Racing Radiator.
Footwork : Rota Grid Racing 17x9 ET +35 (front) & 17x9,5 ET +25 (rear), Accelera 205/40-R17 Tyres, DGR Coilover Suspension, Chamber Kit, Integra Type R Strut Bar, HotBits Rear Upper Bar, HiSpec Brake Kit.
Exterior : Civic Type R EK9 Front Lip, Civic EK4 Rear Lip, Spoon Sports Side Mirror.
Interior : Civic Type R EK9 Instrument Cluster, Civic Type R EK9 Carpet Mat Set, Top Fuel Shift Knob.

 

Teks/foto : DO

Tags Under: PerformanceCar

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top