Modifikasi Mitsubishi Pajero Sport SQ : Kepuasan Tanpa Batas

1 February 2013 Viewed 6,830 times

Bekasi, BosMobil.com - Menggeluti dunia modifikasi audio memang sedang ditekuni oleh Eno, pemilik Mitsubishi Pajero Sport ini. Bahkan tak mengenal jarak, meskipun domisilinya di pulau Sulawesi, dia tetap memboyong mobilnya ke workshop Duta Motor di Bekasi untuk melakukan modifikasi dengan konsep Sound Quality.

Mitsubishi Pajero Sport Modifikasi

“Saya sudah cocok di workshop ini, ubahannya bagus dan bisa sesuai dengan selera yang saya inginkan dalam modifikasi audio agar tatanan suaranya bisa mewah,“ tutur Eno.

Rapihkan Akustik Kabin

Langkah awal sebelum menyematkan beragam perangkat audio, Doni (sang instalatur) melumuri beberapa bagian interior Mitsubishi Pajero Sport dengan peredam lansiran Cubig jumlahnya beragam. “Jumlahnya masing-masing satu lapis, baik pintu, lantai dan plafon. Tujuannya agar bisa hening dan mengurangi getaran yang dapat mengganggu reproduksi suara,“ buka Doni.

Mitsubishi Pajero Sport Modifikasi

Head Unit Kombinasi External Processor

Meskipun sistem audio yang diterapkan pada Mitsubishi Pajero Sport ini terlihat sederhana, bukan berarti suaranya tidak mewah. Hal tersebut didukung dengan head unit Alpine CDA-117E yang disejajarkan dengan processor Alpine PXA-H100. “Fitur sudah lengkap dan memudahkan dalam pengaturan suara, seperti time alignment dan equalizer,” ungkap Doni.

Mitsubishi Pajero Sport Modifikasi

Maksimalkan Staging Dan Imaging

Sementara untuk urusan suara, perlakukan khusus dilakukan pada speaker depan, yaitu midbass dan tweeter dari µ-Dimension Glow dan midrange Dominations dengan pembuatan custom baffle di pilar A sebagai tempat tweeter dan midrange. “Arahnya saya buat langsung ke pengemudi, tujuannya agar staging dan imagingnya bisa maksimal,” cetus Doni.

Mitsubishi Pajero Sport Modifikasi

Sedangkan midbass tetap bersemayam di pintu Mitsubishi Pajero Sport, installer hanya melakukan beberapa treatment agar suaranya bisa sempurna. “Selain dilumuri peredam, kami juga membuatkan tulang di pintu dan back ring-nya menggunakan aluminium. Tujuannya agar rigid ketika berbunyi,“ jelas Doni.

Boks Subwoofer Sesuai Rekomendasi Pabrik

Kemudian untuk melengkapi suara frekuensi rendah, Doni mensematkan 1 unit subwoofer Dominations RS Disturbia yang dibungkus boks jenis sealed. “Saya ikuti rekomendasi pabrikan, yaitu volumenya sebesar 1,2 cu/ft,” tegas Doni.

Mitsubishi Pajero Sport Modifikasi

Andalkan 2 Power Dan 2 Capbank

Agar suara setiap perangkat suara yang sudah disematkan di Mitsubishi Pajero Sport bisa optimal, Doni menggunakan 2 unit power, yaitu Dominations RS4300 untuk speaker, dan µ-Dimension Element berjenis monoblock untuk subwoofer.

Mitsubishi Pajero Sport Modifikasi

Sedangkan, agar arus yang didapat tetap stabil, installer menambahkan dua unit capasitor bank PCA 5F. “Supaya kelistrikan pada sistem audio bisa stabil dan tidak mengganggu sistem kelistrikan Mitsubishi Pajero Sport ini,” papar Doni.

Mitsubishi Pajero Sport Modifikasi

Tatanan Suara Yang Selaras

Setelah proses modifikasi audio selesai dengan beragam perangkat yang ada di Mitsubishi Pajero Sport ini, hal akhir yang dilakoni Doni yaitu menciptakan suara yang seimbang setiap frekuensinya yaitu menggunakan processor Alpine PXA-H100 dan custom passive crossover. “Tweeter LPF flat HPF 5 kHz slop 12 dB, midrange LPF 4 kHz dan HPF 250 Hz slop 12 dB, midbass LPF 200 Hz HPF 50 Hz slop 12 dB, dan subwoofer LPF 50 Hz HPF Flat,” tutup Doni.

Data Modifikasi
Head Unit : Alpine CDA-117E
Processor : Alpine PXA H-100
Speaker :
µ-Dimension Glow
Midrange : Dominations
Subwoofer : Dominations RS Disturbia
Power Amplifier : Dominations RS4300, µ-Dimension Element
Kabel RCA : Cubig
Kabel Power : Cubig
Peredam : Cubig
Capasitor Bank : PCA 5F

Rumah Modifikasi : Duta Motor, Bekasi

 

Teks/edit/foto : gunawan/daniel/gunawan

Tags Under: Audio

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top