Modifikasi Nissan Grand Livina SQ : Idamkan Suara Mewah

21 December 2012 Viewed 18,711 times

Tangerang, BosMobil.com - Bagi Moko, menikmati suara yang mewah dalam mobilitasnya merupakan hal yang diminati. Beragam modifikasi audio dilakukan pada mobil Nissan Grand Livina dengan mengusung konsep Sound Quality (SQ). “Biar rileks saja saat berkendara dengan adanya alunan musik yang nyaman,“ papar Moko.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Hal yang dilakukan untuk modifikasi audio Nissan Grand Livina dipercayakan pada Ricky dari workshop Revealing Sound. “Konsepnya SQ dengan pemilihan perangkat memiliki karakter suara yang sesuai dengan owner mobil.”, buka Ricky.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Peredam Di Seluruh Interior Agar Nyaman Berkendara

Sebelum modifikasi audio berjalan, hal yang dilakukan pertama kali yaitu melucuti interior kabin Nissan Grand Livina untuk disematkan peredam Checkmat di seluruh sisi interior dengan jumlah yang beragam. “Tujuannya yaitu memaksimalkan akustik kabinnya dan menghadirkan kenyamanan daily driving,“ papar Ricky.

Head Unit Spesial Untuk SQ

Merunut ke sumber suara, Ricky maupun Moko sepakat menggunakan head unit Mcintosh MX5000 serta MDA5000 menggantikan head unit bawaan Nissan Grand Livina sehingga alunan musik bisa natural. “Pilihan ini diambil karena head unit terbaik untuk SQ saat ini, serta menghasilkan suara yang alami,” ucap Ricky.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Aplikasi Speaker 3-Way Dengan Perlakuan Khusus

Beralih ke sektor suara, Nissan Grand Livina ini menggunakan speaker 3-way yang terdiri dari Venture DD1 (tweeter), Venture VT2SR (midrange) dan Venture VT7SD (midbass) yang pemasangannya dilakukan perlakuan khusus agar suara optimal.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

“Sudut tweeter dan midrange diarahkan simetris ke tengah antara headrest. Tujuannya mencari dispersi yang tepat antara depth dengan width,” tutur Ricky. “Sedangkan midbass bersarang di panel pintu depan, namun sebelumnya dilapisi peredam sebanyak 3 lapis dan dibuatkan bracing agar struktur pintu lebih rigid. Kemudian dibuatkan diffuser pada ring agar suara lebih bersih,” tambahnya.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Siasati Boks Sealed

Sementara, untuk melengkapi suara rendah pada Nissan Grand Livina ini, sang installer menggunakan subwoofer Morel Ultimo yang didukung dengan boks berjenis sealed. “Volume boks sebesar 60 liter, sengaja menggunakan jenis sealed untuk mendapatkan bass yang terkontrol serta tight,” tukas Ricky.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Pembagian Daya Dengan 3 Power

Menggunakan speaker yang masuk jajaran kelas atas pada Nissan Grand Livina ini tentunya memerlukan asupan daya yang tepat. Untuk urusan ini, sang installer mengakalinya dengan menyematkan 3 unit power berbeda kanal.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

“Abyss MFA 7.4 untuk mendrive tweeter dan midrange, Abyss MFA 7.2 untuk mendrive midbass dan Abyss Hammer 1500 untuk mendrive subwoofer. Kemudian power bermain pada impedansi 4 ohm untuk semua power yang menjadi 4x175 Watt, 2x250 Watt dan 1x600 Watt,” ucap Ricky.

Ganti Aki Agar Tetap Stabil

Hal lainnya dalam meningkatkan kemampuan modifikasi audio di mobil Nissan Grand Livina yaitu mengganti aki bawaan dengan 2 aki berlabel Amaron dan Batcap X800. “Tujuannya untuk membantu suplai tenaga di belakang agar tetap stabil,” ucap Ricky.

Setting Suara Pakai External Processor

Ketika perangkat sudah terpasang semua pada Nissan Grand Livina, hal terakhir yang dilakukan Ricky yaitu melakukan pengaturan suara dengan menggunakan processor Alpine PXA H-800. “Tweeter HPF 2.200 Hz slop 18 dB, midrange HPF 315 Hz slop 18 dB dan LPF 2.200 Hz slop 18 dB, midbass HPF 63 Hz slop 18 dB dan LPF 280 Hz slop 18 dB, serta subwoofer LPF 63 Hz slop 18 dB,“ tutup Ricky.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Dengan modifikasi audio yang dilakukan, Nissan Grand Livina ini berhasil bawa pulang piala juara 3 kelas Advanced Unlimited pada kontes audio tingkat Internasional yang belum lama ini terselenggara di Indonesia. Mantap bos......

Spesifikasi
Head Unit : Mcintosh MX5000 + MDA5000
Processor : Alpine PXA H-800
Tweeter : Venture DD1
Midrange : Venture VT2SR
Midbass : Venture VT7SD
Subwoofer : Morel Ultimo
Power : Abyss MFA 7.4 (Tweeter+Midrange), Abyss MFA 7.2 (Midbass), Abyss Hammer 1500 (Subwoofer)
Kabel RCA : custom
Kabel Speaker : Jantzen
Peredam : Checkmat
Fuse Block : Street Wires
Aki : Amaron + Batcap X800

Rumah Modifikasi : Revealing Sound, Serpong, Tangerang.

 

Teks/edit/foto : gunawan/daniel/gunawan

Tags Under: Audio

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top