Modifikasi Nissan Grand Livina SQ : Penggila Suara Mewah

1 February 2013 Viewed 16,243 times

Tangerang, BosMobil.com - Menikmati suara yang mewah merupakaan dambaan Ryanto, pemilik Nissan Grand Livina berkelir hitam ini. Untuk mewujudkannya, beliau mengadakan kunjungan ke workshop Revealing Sound untuk modifikasi sistem audionya. “Ingin menikmati suara mewah aja bos, biar bisa santai pas lagi nyetir,” tutur Ryanto.

Nissan Grand Livina Modifikasi

Dalam proses modifikasi Nissan Grand Livina-nya, Ricky selaku installer membumbui dengan beragam perangkat audio kelas atas agar tercipta suara mewah.

Ciptakan Suara Natural

Sebagai pemutar lagu, Ricky mempercayakan head unit Pioneer ODR RS-D7XIII dan processor Pioneer Carrozzeria ODR P90X, sehingga alunan musik bisa terdengar natural. “Optiknya sudah sangat mendukung untuk menghasilkan suara yang alami, dan kombinasi dengan processor eksternal untuk memudahkan dalam tuning suara,” paparnya.

Nissan Grand Livina Modifikasi

Nissan Grand Livina Modifikasi

Eksplorasi Aktif 3-Way

Dalam hal ini, sang installer dan owner sepakat mengkolaborasikan berbagai merek perangkat suara ke Nissan Grand Livina ini, yaitu tweeter Micro Precision Z-Studio, midrange Dynaudio Esotar2 E430 dan midbass Fabulous Acoustic FA1.

Nissan Grand Livina Modifikasi

“Kami mencoba mix and match agar dapat hasil suara semewah mungkin.  Tweeter yang dipakai dirasa yang terbaik saat ini, kemudian midrange memiliki karakter vocal yang bagus, serta midbass yang dibuatkan boks khusus supaya bisa dahsyat gebukan bass-nya,” jelas Ricky.

Nissan Grand Livina Modifikasi

”Kemudian untuk posisi midrange dibuat tertidur. Tujuannya agar penyebaran suara lebih luas dan tidak langsung ke pendengar, sehingga dari segi tata panggung suara bisa lebih baik. Namun ada plus minusnya juga untuk penempatan ini, tetapi bisa diakali dengan mencari setelan agar perbedaan suara bisa diminimalisir serta memahami akustik kabin mobil,“ tambahnya.

Nissan Grand Livina Modifikasi

Setelah posisi sudah didapat, racikan tidak berhenti disitu. Ricky memainkan komponen passive crossover yang di-custom agar suara bisa optimal. “Dalam membangun sistem audio-nya bukan murni crossover, namun rangkaian Zobel untuk midrange supaya impendasi lebih rata. Kemudian komponen passive crossover saya custom untuk tweeter dan induktor midrange guna mendapatkan warna suaranya. Pemotongan frekuensi tetap secara aktif, saya menggunakan rangkaian komponen passive agar suaranya alami, yaitu 4,7 ohm dan capasitor 5,6 µf untuk rangkaian Zobel midrange,” terang Ricky.

Nissan Grand Livina Modifikasi

Pakai Subwoofer 12 Inci

Sebagai pelengkap frekuensi rendah pada sistem audio Nissan Grand Livina, Ricky menyematkan 1 unit subwoofer Fabulous Acoustic FA 1 dengan diameter 12 inci serta volume boks yang disesuaikan agar gebukannya bisa solid, yaitu sebesar 70 liter.

Percayakan 2 Power

Agar semua perangkat suara Nissan Grand Livina dapat bekerja optimal, Ricky mempercayakan 2 unit power. Yaitu power Zelos Class AA untuk menyediakan tenaga ke speaker, dan power Abyss AB3KI untuk mensokong daya ke subwoofer.

Wow... Pasti ganas nih suaranya...

Data Modifikasi
Head Unit : Pioneer ODR RS-D7XIII
Processor : Pioneer Carrozzeria ODR P90X
Tweeter : Micro Precision Z-Studio
Midrange : Dynaudio Esotar2 E430
Midbass : Fabulous Acoustic FA1
Subwoofer : Fabulous Acoustic FA 1
Power : Zelos Class AA, Abyss AB3KI
Kabel RCA : Acoustic Zen Silver Reference ( 4pcs)
Kabel Speaker : Acoustic Zen Hologram II
Peredam : StP Gold, StP Silver
Aki tambahan : Batcap X 2000, Batcap X400 (2 pcs)

Rumah Modifikasi : Revealing Sound, Serpong, Tangerang

 

Teks/edit/foto : gunawan/daniel/riyan

Tags Under: Audio

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top