Modifikasi Nissan Juke, Nismo Minded

25 October 2012 Viewed 11,852 times

Jakarta, BosMobil.com - Nissan Juke memang diciptakan dengan fisik yang unik, aneh, nyeleneh dan tak wajar, terlihat dari penempatan lampu utama tidak sejajar dengan gril. Namun Daniel Khoe mengaku kurang sreg dengan penampilan Nissan Juke standar.

Nissan Juke Modifikasi

Olehnya, Nissan Juke yang berwarna putih ini dilakukan modifikasi agar tampil lebih percaya diri dengan mengadopsi versi Nismo. “Saya suka sekali dengan tampilan Juke Nismo, apalagi bodykit nya, lalu adanya Daytime Runing Light (DRL) serta finishing membuat Nissan Juke menjadi lebih gahar,” sahutnya.

Nissan Juke Modifikasi

Daniel pun langsung memberangkatkan Nissan Juke nya ke salah satu bengkel bodi yang terpercaya agar bisa tampil seperti Juke Nismo. “Karena bodykit Juke Nismo tidak dijual, jadi saya bawa ke bengkel untuk bikin custom bodykit nya,” lanjut pria yang memiliki kafe di seputaran Pantai Indah Kapuk, Jakarta ini.

Nissan Juke Modifikasi

Lantaran langkah custom, Daniel pun titip pesan ke bos besar bengkel agar dibuatkan semirip mungkin dengan Juke Nismo, mulai dari bemper depan, bemper belakang, side skirt hingga grill. Hasilnya pun terlihat sangat rapih terpasang di bodi Nissan Juke miliknya.

Nissan Juke Modifikasi

“Bengkel ini pertama kali yang membuat bodykit model Juke Nismo di Indonesia. Sedangkan saya adalah yang ke-3 kalinya memakai bodykit model Juke Nismo dan yang pertama eksklusif sama persis seperti di Jepang, karena orang sebelumnya menambahkan gaya mereka masing-masing,” ucap pria berbadan subur ini.

Nissan Juke Modifikasi

Kemudian untuk memperkuat kesan Nismo, Daniel pun menambahkan stiker stripping di bodi samping Nissan Juke nya dengan model Nismo yang dibuat custom serta stiker Nismo di gagang pintu dan emblem Nismo di grill depan. Selain itu ditambahkan aksen karbon di beberapa bagian seperti spoiler.

Nissan Juke Modifikasi

“Karbon supaya lebih sporty. Lalu untuk stiker stripping Nismo adalah saya custom dengan bentuk yang sama persis, lalu untuk stiker Nismo di pintu dan emblem saya beli langsung dari Jepang,” ucap Daniel.

Nissan Juke Modifikasi

Modifikasi berlanjut ke sektor kaki-kaki, dimana sasaran utama adalah penggantian velg dengan memakai Volk Rays CE28 Time Attack berdiameter 19 inci yang dibalut ban Toyo Proxes. “Velg ini sudah sehati dengan mobil ini,” ucapnya. Lalu agar rebah sedikit, suspensi bawaan digusur oleh coilover dari TEIN.

Nissan Juke Modifikasi

Karpet Nismo Custom

Masuk ke dalam interior, rupanya Daniel mengakui bahwa Nissan Juke nya sulit untuk mengikuti gaya Juke Nismo. Dari sini, Daniel harus putar otak bagaimana caranya agar kesan Nismo tidak hanya di eksterior saja.

Nissan Juke Modifikasi

Nissan Juke Modifikasi

“Fiturnya berbeda, makanya saya buat custom saja karpet Nismo berwarna merah. Sedangkan untuk jok saya pakai berjenis semi bucket dari Bride lengkap dengan sabuk pengaman Team TECH 4 titik,” tegas Daniel. Agar semakin sporty, Daniel juga menambahkan aksen karbon di beberapa bagian interior.

Nissan Juke Modifikasi

Dongkrak Tenaga Hilangkan Rasa Kekecewaan

Tidak hanya tampilan saja, tetapi Daniel juga melakukan modifikasi di sektor mesin. Hal ini bukan lantaran untuk mengimbangi modifikasi sektor eksterior ataupun interior, tetapi Daniel mengira jika Nissan Juke yang masuk ke Indonesia memakai mesin lengkap dengan turbo.

Nissan Juke Modifikasi

“Pertama kali mau beli Nissan Juke, saya ekspektasi mendapatkan mobil dengan mesin 1.6L turbo. Begitu sampai di dealer, saya kecewa karena mesinnya adalah non-turbo dengan kapasitas mesin 1.5L. Tetapi istri saya sudah demen dengan modelnya, jadi saya teruskan untuk membelinya,” jelasnya.

Nissan Juke Modifikasi

Untuk menghilangkan rasa kekecewaan yang dideritanya, Daniel mengganti beberapa bagian seperti saringan udara dengan HKS Racing Suction, header serta pipa tengah berlabel Kansai yang berakhir di knalpot Fujitsubo, pemasangan piggyback Dastek Unichip, dan masih banyak lagi. Tenaganya pun meningkat hingga 130 HP diukur saat dyno test.

Nissan Juke Modifikasi

“Tadinya bertenaga sekitar 100 HP, sekarang menurut saya sudah cukup,” tutupnya.

Data Modifikasi

Exterior : Custom Nismo Bodykit, Custom Door Handle & Spoiler Carbon Trim, Custom F1 Stoplamp, MBRO Tail Lights, 2 LED Bumper Strip Lamp, Custom Nismo Stripping, Original Nismo Door Handle Sticker, Original Nismo Grill Badge.
Footwork : Volk Rays CE28 Time Attack Limited Edition 19x(9,5+10,5)”, Toyo Proxes 235/25R19 (front) & 245/35R19 (rear), Volk Rays Black Lug Nuts, TEIN Street Basis Coilover, Undercontrol Under Braces & Rear Stabilizer, Endless Brake Pads, Hose Technick Braided Brake Lines.
Interior : Bride Semi Bucket Seat, 4 Point Team TECH Racing Seat Belt, Custom Nismo Carpet, Custom Interior Carbon Trim, Autoleder Leather Trim (Roof, Sides, Backseats), AutoGauge RPM Meter, Custom Interior LED Under Lights, OEM Juke Kickplate, Nismo Labeling.
Engine : HKS Racing Suction R, RD-GR Import Pulley, Kansai Header & Center Piping, Fujitsubo Muffler, Dastek Unichip Q+, Nismo Radiator Cap & Oil Cap, SARD Racing Silicone Hose, Undercontrol Strutbar, SAG 2, Greedy Grounding Kit, Pivot Throttle Controller, Amaron Dry Battery.

 

Teks/foto : DO/angga

Tags Under: Audio

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top