Modifikasi Toyota Avanza Veloz SQ : Modal 70 Juta, Juara Pure Sound 100 Juta

14 December 2012 Viewed 22,996 times

Jakarta, BosMobil.com - Meskipun mobil baru, tak menyulutkan niat Rico dalam modifikasi sistem audio pada mobil Toyota Avanza Veloz miliknya. Bahkan belum lama ini, mobil yang baru berumur 3 bulan ini telah menjuarai kontes audio kelas Pure Sound 100 Juta meskipun jumlah total perangkat audio hanya seharga Rp. 70 juta.

Toyota Avanza Veloz Modifikasi

“Saya memang hobi dengan audio. Jadi hasil dari modifikasi sistem audio Toyota Avanza Veloz ini sekalian saja diturunkan ke kontes audio. Eh taunya menang, hehehe,” canda Rico yang modifikasi sistem audionya di Mega Audio. “Saya aplikasikan konsep Sound Quality dengan pemilihan beragam produk berkualitas,” ucap Jhony, sang installer dari Mega Audio.

Lapis Peredam Agar Hening

Sebelum semua perangkat audio disematkan pada mobil Toyota Avanza Veloz milik Rico, hal awal yang dilakukan Jhony yaitu memasangkan peredam dari Standartplast dengan jumlah yang beragam. “Pintu 2 lapis dan lantai 1 lapis, tujuannya agar suasana kabin mobil lebih hening, sehingga rigiditas tiap speaker bisa mengoptimalkan seluruh kemampuannya,” papar Jhony.

Toyota Avanza Veloz Modifikasi

Kombinasi Head Unit Dan Processor Eksternal

Dalam modifikasi sistem audio, pemilihan head unit merupakan hal yang penting karena sebagai sentralitas suara. Sehingga hal itu dilakukan dengan menggunakan Alpine ICS-X8 kepada Toyota Avanza Veloz berwarna putih ini yang disandingkan dengan processor Alpine PXA-H800.

Toyota Avanza Veloz Modifikasi

“Dalam membaca kepingan CD, hasil suara dari head unit ini sudah bagus karena lengkap dengan fitur 7-band parametic serta time alignment. Tapi kemampuannya belum optimal, makanya saya tambahkan processor eksternal agar pengaturan lebih maksimal,” ucap pria berkacamata ini.

Toyota Avanza Veloz Modifikasi

Speaker 3-way Dengan Sudut Berbeda

Beralih ke modifikasi bagian penyembur suara, Jhony menggunakan speaker 3-way dengan beragam produk. Untuk tweeter memakai Fabulous Acoustic FA1 dan midrange SeasExcel serta treatment yang ciamik. “Speaker kiri dibuat off axis, sedangkan speaker kanan dibuat on axis. Hal ini dilakukan untuk mengejar lebar dan kedalaman panggung. Kemudian agar dudukan rigid, dibuatkan pilar custom dengan bahan fiber agar presisi,” tutur Jhony.

Toyota Avanza Veloz Modifikasi

Sedangkan untuk midbass Scanspeak Revelator 18W tetap bercokol di panel pintu Toyota Avanza Veloz. Tetapi Jhony hanya menambahkan sedikit perlakuan khusus. “Panel pintu dilapis peredam agar mengurangi kebocoran suara dari celah-celah panel pintu,” cetus Johny.

Toyota Avanza Veloz Modifikasi

Siasati Boks Jenis Ported

Merunut ke buritan Toyota Avanza Veloz, modifikasi selanjutnya adalah menyematkan 1 unit subwoofer Pioneer PRS berukuran 10 inci dengan boks yang optimal.

Toyota Avanza Veloz Modifikasi

“Jenis boksnya adalah ported, volume sebesar 1,5 cu/ft. Lalu untuk menghadirkan bass yang lebih rendah, dibuatkan lubang berukuran 3 inci sebanyak 2 buah. Hal ini mengikuti rekomendasi dari Pioneer,” ungkap Jhony.

Pakai 2 Power Dual Mono Serta Capasitor Bank

Meskipun modifikasi sistem audio pada Toyota Avanza Veloz ini terlihat simpel, Jhony melakukannya dengan penuh perhitungan. Khusus untuk asupan daya menggunakan 2 unit power Audison VRX 2.250 agar daya yang dihantarkan ke setiap pengeras suara bisa optimal.

Toyota Avanza Veloz Modifikasi

Sedangkan capasitor bank juga dihadirkan pada Toyota Avanza Veloz ini agar daya tetap stabil. “Buat cadangan aki agar asupan dayanya stabil. Misalnya pada saat kontes audio dan mesin mobil dimatikan, tenaga yang dibutuhkan tiap power masih ada, tidak nge-drop,” tambahnya.

Toyota Avanza Veloz Modifikasi

Fine Tuning Dan Treatment Akustik

Setelah proses modifikasi sistem audio pada Toyota Avanza Veloz ini selesai, hal terakhir yaitu mengatur suara agar benar dan rata. Langkah yang dilakukan yaitu melakukan cutting frequency. “Pemotongan frekuensi melalui crossover pasif, yaitu tweeter 2.500 Hz-20 kHz slop 24 dB, midrange 300 Hz-2.500 Hz slop 24 dB, dan subwoofer LPF 63 Hz slop 24 dB. Sedangkan melalaui processor eksternal, HPF midbass 63 Hz slop 24 dB dan subwoofer LPF 63 Hz slop 24 dB,” cetusnya.

Toyota Avanza Veloz Modifikasi

Selain itu, Jhony juga menambahkan sebuah kayu Shun Mook pada kaca depan Toyota Avanza Veloz. “Suara vocal dirasa kurang fokus di tengah, jadi saya tambahkan kayu di tengah kaca depan mobil sebagai treatment akustik agar suaranya fokus di tengah,” tutupnya.

Toyota Avanza Veloz Modifikasi

Data Modifikasi
Head unit : Alpine ICS-X8
Prosessor : Alpine PXA H 800 +RUX C800
Tweeter : Fabulous Acoustic FA1
Midrange : Seas Excel
Midbass : Scanspeak Revelator 18W
Subwoofer : Pioneer PRS
Power : Audison VRX 2.250 (2pcs)
Kabel speaker : Pear Cable Comice
Kabel RCA : Flux
Peredam : Standartplast (StP)
Capbank : Brax 1

Rumah Modifikasi : Mega Audio, Ruko Green Garden Blok A14 No. 50, Kedoya, Jakarta Barat. Ph : 0818110815

 

Teks/edit/foto : gunawan/daniel/gunawan

Tags Under: Audio

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top

mSF 2014 - Bali - Medan