Modifikasi Toyota Fortuner Car Multimedia : Upgrade For Daily Use

1 June 2012 Viewed 11,877 times

Jakarta, BosMobil.com - Keinginan dalam meningkatkan hiburan pada mobil merupakan impian Marcel Caesar yang memiliki Toyota Fortuner berkelir putih ini.

Makanya Marcel mewujudkannya dengan melakukan modifikasi pada sistem audio bertema perpaduan car multimedia dengan sound quality (SQ) yang dipercayakan kepada workshop Harmonis Audio.

Toyota Fortuner Modifikasi - Car Multimedia - Sound Quality

Toyota Fortuner Modifikasi - Car Multimedia - Sound Quality

Head Unit 2-Din Monitor

Sebagai sentralitas suara sistem audio pada Toyota Fortuner ini, Susilo selaku sang installer menyematkan Sony XAV-72BT untuk memenuhi kebutuhan Marcel.

Toyota Fortuner Modifikasi - Car Multimedia - Sound Quality

“Dari segi teknologi, head unit ini sudah memiliki kelengkapan fasilitas, karena owner mobil sering menggunakan data USB untuk menikmati hiburan audio maupun visual. Sedangkat untuk alat bantu navigasi, saya tambahkan modul eksternal dari Garmin yang terintegrasi dengan head unit,” papar Susilo.

Toyota Fortuner Modifikasi - Car Multimedia - Sound Quality

Monitor Head Rest Aktif

Karena ditujukan sebagai mobil keluarga, maka Marcel menghadirkan headrest Roger’s HDMG-7008WK yang bertujuan untuk hiburan anak dari saudara kandungnya, lalu pengendara juga dapat menikmati hiburan audio secara bersamaan.

Toyota Fortuner Modifikasi - Car Multimedia - Sound Quality

“Fiturnya yang sudah independen dengan fasilitas DVD aktif memudahkan penumpang belakang untuk menikmati film di bangku belakang. Namun penumpang lainnya juga bisa menikmati hiburan yang berbeda menggunakan head unit dalam waktu bersamaan,” tukas Susilo.

Suara Seimbang Dengan Speaker 3-Way

Untuk menciptakan koherensi suara dalam sistem audio Toyota Fortuner milik Marcel, Susilo memilih speaker Gramond R1 ditambah midrange dari Gramond di bagian depan kabin agar menghadirkan suara yang seimbang, baik frekuensi tinggi hingga rendah.

Toyota Fortuner Modifikasi - Car Multimedia - Sound Quality

“Untuk penempatannya, tweeter saya buatkan arah yang bahannya dari fiber dibungkus kulit lalu dipadatkan dengan glasswoll, serta midrange on-axis bervolume 0,2 cu/ft pada boksnya. Tujuannya untuk menciptakan panggung yang lebar,” ucap pria berpiawai necis ini.

Toyota Fortuner Modifikasi - Car Multimedia - Sound Quality

Sedangkan midbass juga mendapatkan sentuhan agar bisa bekerja dengan ideal. “Midbass tetap bercokol pada doortrim depan, namun saya tambahkan peredam di luar dan dalam pada dootrim sebanyak 1 lapis agar mengurangi vibrasi. Kemudian dudukannya saya lakukan custom dengan dibuatkan ring dari kayu MDF agar rigid,” ungkapnya.

Untuk pelengkap surround, Susilo menghadirkan Gramond Alpha Series sebagai speaker belakang yang bersarang di tempat bawaan. “Tujuannya agar dapat menciptakan suara pengiring belakang dalam menimbulkan suasana efek dramatis baik dalam menikmati musik maupun film,” terangnya.

Mengoptimalkan 1 Subwoofer

Meskipun menggunakan 1 unit subwoofer Scan Speak 23W, namun suara bass bisa padat terpapar dalam kabin. Pembuatan boks yang ideal merupakan bumbu dalam perlakuannya.

Toyota Fortuner Modifikasi - Car Multimedia - Sound Quality

“Saya gunakan boks berjenis sealed bervolume 0,8 cu/ft, kemudian bahannya menggunakan fiber dan di dalamnya dipadatkan dengan kayu MDF yang dipotong-potong,” ucapnya.

Power Amplifier Berdimensi Kecil 2 Unit

Dua unit power amplifier berbeda jenis merupakan kunci untuk men-drive setiap perangkat speaker. Meskipun ruangannya terbatas, namun Susilo menyiasatinya dengan memilih power amplifier yang berdimensi kecil tanpa mengurangi performanya.

Toyota Fortuner Modifikasi - Car Multimedia - Sound Quality

“Untuk speaker depan dan belakang, saya gunakan Gramond GC-4.1, kemudian untuk subwoofer di-drive oleh jenis monoblok Directed D1200,” paparnya.

Final Tuning Via Processor

Sebagai final tuning pada sistem audio pada Toyota Fortuner milik Marcel, maka Susilo menyematkan sebuah processor keluaran JBL MS-8.

Pada pemotongan frekuensi, Susilo melakukannya pada angka 400 Hz untuk midrange-midbass dan 2500 Hz untuk midrange-tweeter dengan slope 12 dB. Sedangkan untuk subwoofer-midbass dilakukan pemotongan pada angka 63 Hz dengan slope 18 dB.

Sabrina Accoustic 4

Setelah mengupas semua racikan Susilo dalam melakukan modifikasi sistem audio pada Toyota Fortuner milik Marcel, kini saatnya untuk menikmati hasil suara menggunakan CD Sabrina Accoustic 4 dengan lagu pada track pertama.

Toyota Fortuner Modifikasi - Car Multimedia - Sound Quality

Nyatanya, redaksi BosMobil.com pun nyaman menikmati musik berlama-lama di dalamnya. Karena khas suara penyanyi terpapar jernih dan tercipta di atas dashboard. Kemudian instrumen alat musik beragam frekuensi terjabar dengan posisi yang simetris sesuai kadarnya.

Data Modifikasi Audio :
Head Unit Sony XAV-72BT, Processor JBL MS-8, Speaker Depan Gramond R1+Midrange, Speaker Belakang Gramond Alpha Series, Subwoofer Scan Speak 23W, Power Gramond GC-4.1 (Speaker), Power Directed D1200 (Subwoofer), Kabel RCA Gramond, Kabel Speaker Canare, Peredam Checkmat, Cap-Bank Stinger 20F.

Powered By : Harmonis Audio, Pasar Mobil Kemayoran Blok S 126 A-C-E, Jakarta Pusat. Ph : 0818-0836-9651 (Susilo).

Teks/edit/foto : gunz/DO/gunz

Tags Under: Audio

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top