» Back to Blog

Modifikasi Toyota Hilux D-Cab : Monster Diesel Harian 525 HP

24 November 2012 Viewed 16,285 times

Jakarta, BosMobil.com - Jangan liat dari sosoknya yang standar dan adem ayem. Velg besar nan stylish hanyalah kamuflase belaka dari Aditya Saliputra, sang pemilik Toyota Hilux D-Cab ini. Dibalik semua itu, Anda pasti akan menganga-nganga bila sang empunya membejek gas dalam-dalam. Syukur-syukur tidak diasapi seperti nasib beberapa sport car mewah yang sudah menjadi korban asap pekat dari mobil ini.

Toyota Hilux D-Cab Modifikasi

Hasil demikian rupanya dicapai Adit berkat beberapa kali Toyota Hilux D-Cab mengunjungi bengkel modifikasi Rev Engineering. “Pertama datang, sama bengkel mobil gue dibuat 300 HP. Namun tak selang beberapa lama gue kurang puas dan minta dibikin jadi 500 HP,” ucap Adit.

Toyota Hilux D-Cab Modifikasi

Tepatnya tenaga terdongkrak hingga 525 HP dengan torsi tercatat hingga 970 Nm. Wow!! Edannya, Adit memakai monster diesel ini untuk harian. “Berhubung pekerjaan gue di bidang marketing, jadi gue sering muter. Dan kebetulan sampai hari ini tak ada masalah,” tambah Adit.

Toyota Hilux D-Cab Modifikasi

Pakai Mesin 1KD

Demi menghidari pajak barang mewah, pihak Toyota menurunkan kapasitas Toyota Hilux D-Cab terbarunya dari yang sebelumnya 3.000 cc menjadi 2.500 cc. “Saya naikin lagi ke 3.000cc dengan mesin 1KD milik Hilux sebelumnya untuk meningkatkan torsi lebih baik dan karena ingin memakai turbo yang lebih besar. Dengan turbo ini, tekanan udara yang dihasilkan akan bertambah,” umbar Theodorus Surya Jaya, sang tuner. Pemasangan diakui mudah, karena dudukan mesin tidak berbeda.

Toyota Hilux D-Cab Modifikasi

Toyota Hilux D-Cab Modifikasi

Sambil bongkar mesin, Teddy juga melakukan modifikasi pada head yaitu porting-polish serta papas sebesar 0,2 mm. Lantaran memang diganti, header bawaan pun juga ikut ganti yang diikuti pipa knalpot, pipa turbo, dan intercooler yang lebih besar.

Toyota Hilux D-Cab Modifikasi

Toyota Hilux D-Cab Modifikasi

Toyota Hilux D-Cab Modifikasi

Modifikasi berikutnya yaitu pada bagian pompa common rail (CR Pump), yang mana milik Toyota memiliki perbandingan 1:2 (mesin 2 kali berputar, CR pump baru berputar sekali). Hal ini masih terbilang low pressure dibanding mobil diesel lain yang sudah 1:1. “Pompa common rail Toyota Hilux masih 2 rotor. Lalu diganti dengan yang 3 rotor dan diletakkan di atas, pakai belt diputar digandakan rasionya. Tujuannya untuk pressure yang lebih tinggi lagi. Dengan ini, tenaga terdongkrak hingga 50 persen,” ucap Teddy, sapaan akrabnya. Selain itu, semua solar yang disemprotkan akan terbakar sempurna.

Toyota Hilux D-Cab Modifikasi

Demi mencegah masuk angin atau kekurangan solar, Teddy juga menambahkan fuel catch tank khusus untuk solar. “Karena di belakang tangki tidak ada electric pump, jadi murni disedot dari CR Pump di depan. Tujuannya untuk menampung solar yang sudah mendapatkan tekanan oleh fuel pressure regulator, dimana settingannya sekitar 2 bar,” ucap Teddy.

Toyota Hilux D-Cab Modifikasi

Modifikasi mesin disempurnakan melalui ubahan pada injektor yang diikuti pemasangan piggyback ECU Shop Diesel Monster Max KD Series untuk mengatur boost, suction control valve dan fuel rail pressure. Sebagai tandem piggyback tersebut, Teddy juga memasang Dastek Unichip yang ditugaskan sebagai mapping.

Toyota Hilux D-Cab Modifikasi

Sementara pada saat berkendara dengan Toyota Hilux D-Cab nya, Adit tidak mau merasakan kebosanan apalagi menghadapi macet. Solusinya, head unit 2-din serta speaker 2-way menemani Adit untuk kesehariannya.

Toyota Hilux D-Cab Modifikasi

Toyota Hilux D-Cab Modifikasi

14 Detik @ 402 Meter

Keberhasilan Toyota Hilux D-Cab racikan Teddy yang menyentuh 525 HP dan 970 Nm diadakan pengujian oleh Adit. Walaupun mobil yang memiliki bobot hampir 2 ton serta sejumlah aksesoris seperti pemakaian velg berukuran 20 inci, mobil ini dapat melaju di lintasan drag race dengan menorehkan waktu terbaik 14,485 detik pada gelaran beberapa waktu lalu.

Toyota Hilux D-Cab Modifikasi

Hmmm... Hati-hati lah ya kalau ketemu Toyota Hilux D-Cab ini hehehe...

Engine : 1KD-FTV Swap, Porting & Polished Head, Mitsubishi TE06-22V Turbine, Equal Length Header, External Wastegate, Custom 3" Downpipe & Exhaust, Custom 3" Pipes And Big Intercooler, Custom Throttle Body, EGR Delete Kit, Upgraded Valve Springs, Upgraded Nozzle Injector, Upgraded Head Studs, Stage 3 BK Clutch, Open Air Intake, 3-Rotor Commonrail Pump, Diesel Surge Tank, Bosch External Pump, Morosso Oil Catch Tank With Breather, Cooling Mist Water Meth Injection.

Electronics : ECU Shop Monster Max KD With Launch Control, ECU Shop Boost Speed, ECU Shop Monster Gauge, Unichip Type Q, M7 Oil Gauge, M7 EGT Meter, Auto Meter Boost Gauge 60 psi, Pivot Stabilizers & Ground Cable.

Stance : KMC Crank XD Series 20x9, Achilles DH UHP 265/50R20, Tomei 2-Way LSD, Bilstein Shock Absorbers With APM Springs, Ultra Racing Front Lower Bar 4-Point, Ultra Racing 29mm Sway Bar, Nissei Brake Pad, Goodridge Braided Brake Line.

 

Teks/edit/foto : riyan/daniel/riyan

Tags Under: PerformanceCar

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top