Power Handling : Daya Terlalu Kecil, Speaker Bisa Jebol

20 June 2013 Viewed 2,815 times

BosMobil.com - Power handling tentunya mempengaruhi kualitas suara. “Istilah power handling yaitu power amplifier memberikan daya ke speaker dengan arus AC, yang mengakibatkan tiap komponen speaker bekerja untuk menghasilkan suara. Paling gampang lihat gerak maju mundurnya konus,” buka Harten dari Audiotones.

Power Handling

Diluar pengertian power handling, ternyata besaran watt yang diberikan ke speaker juga memiliki efek samping. Makanya jangan salah pilih power amplifier, terlalu kecil daya bisa merusak speaker. Sesuaikan daya yang diperlukan speaker sehingga suara yang dihasilkan bisa sempurna.

”Jika pakai power yang dayanya kecil dapat menimbulkan kerusakan pada speaker, biasanya terjadi clipping dan daya yang keluar adalah arus DC, dimana konus speaker bergerak hanya satu arah (atas atau bawah). Ujung-ujungnya, speaker jebol karena mendapatkan arus yang minim. Biasanya daya speaker terlihat di kemasannya,” tambah Harten.

Untuk mensiasati hal itu bisa menggunakan power amplifier dengan daya yang lebih besar. ”Tujuannya agar speaker-nya tidak jebol, lalu arusnya bisa diatur melalui pemakaian sensitivity gain amplifier agar suplai tenaga ke setiap speaker bisa sesuai. Nanti bisa dihubungkan melalui ke head unit ataupun processor untuk pengaturannya,” tutup Harten.

Thanks to : Harten Audiotones, Serpong, Tangerang.

 

Teks/edit/foto : gunawan/daniel/gunawan

Tags Under: Rubrik Modifikasi

total_phantom
Delapan satu 81 DS HID

Comments

Back to Top

mSF 2014 - Bali - Medan